Petunjuk Sufi

Jenis-jenis Ujian Naik Maqom Kesufian…

Ketika memutuskan suluk kepada dan bersama Guru Sufi, maka bersiaplah dengan serangkain tes masuk dan tes kenaikan maqom ruhani sang salik. Ada banyak ragam tes/ujian. Waktu tes-nya sering tidak dikasih tau.

Soal tes-nya sering samar. Harus siaga dites, karena bisa jadi, soal-soal tes dibagikan setiap hari. Dengan keramahannya, ia akan memberikan soal tes yang serupa, jika salik masih saja gagal dengan menjawab soal. Diberi soal berbeda, untuk tingkatan yang berbeda, bila jawabannya telah sempurna.

Soal ujian yang diberikan Tuan Guru bukan pertanyaan di atas kertas, melainkan simulasi ragam persoalan serta tantangan dalam kehidupan.

Banyak salik Tuan Syeikh yang rapuh dengan ujian kesempitan, kepahitan, dan kefakiran.

Tidak sedikit juga salik Tuan Guru yang gagal diuji dengan kelapangan, kesenangan, dan keberlimpahan.

Ada yang terus mendekat kepada Tuan dengan ujian hinaan, cibiran, dan ada juga ternyata makin jauh dengan Tuan karena diuji pujian dan sanjungan.

Ketahuilah, sekali lagi, semua kategori ujian itu dipergilirkan setiap hari, ya, setiap hari, kepada siapa saja yang mengaku dan ingin diakui Tuan sebagai murid-nya, pecinta-nya.

Dan sebaik-baik murid/salik ialah yang slalu bersyukur atas semua jenis ujian itu, karena itu semua dari-Nya, rahmat dan cinta dari serta untuk para kekasih-Nya yang setia.

Salam Sufi 21,
Abdul Rahman Hakim,
Kholifah Thoriqoh Qoodiriyyah Naqshabandiyyah Ma’had Suryalaya

Comment here