Petunjuk Sufi

Rahasia Hidup Senang para Guru Sufi…

Tuan Guru Sufi Agung amat menyenangi murid yang senang menyenangkan dirinya dan menyenangkan sesama-nya. Dan Tuan adalah teladan Guru yang pandai menyenangkan orang lain. Mengapa Tuan Guru Sufi menyukai tindakan menyenangkan orang lain?

Kanjeng Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wasallam jauh-jauh telah menyampaikan sabda tentang amalan yang paling Alloh suka. Berikut sabda sucinya,

عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا قَالَ : إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِنَّ اَحَبَّ الْاَعْمَالِ اِلَى اللهِ بَعْدَ الْفَرَائِضِ إِدْخَالُ السُّرُوْرِ عَلَى الْمُسْلِمِ.

Artinya: “Sesungguhnya amal yang paling disukai Alloh SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain.”

Dalam keterangan hadits lain, dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ

Artinya, manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia.

Demikian, perbuatan ini nyata favorit Alloh ‘azza wajalla. Dan, telah Tuan Syeikh tetapkan bahwa perbuatan menyenangkan hati orang lain itu merupakan salah satu riyadhoh tertinggi murid, sekaligus, merupakan secret-key untuk meraih hidup senang.

Telah di-Ijazah-kan: riyadhoh sering menyenangkan orang lain itu agar hidup murid-murid Tuan slalu senang, jauh dari kesedihan.

Salam senang,

Abdul Rahman Hakim al-Khoolish,
Pimpinan Pesantren Peradaban Dunia JAGAT ‘ARSY, BSD, BANTEN

Comment here